6 Keunggulan Domba Garut Untuk di Ternakan

6 Keunggulan Domba Garut Untuk di Ternakan – Kali ini saya mau berbagi info tentang Ternak Besar, yaitu Domba Garut. Domba ini memiliki banyak keunggulan, salah satu yang paling terlihat adalah tanduknya yang bisa tumbuh panjang berbeda dengan domba pada umumnya. 

Asal usul Domba Garut karena domba ini berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Domba ini merupakan perkawinan campuran antara domba lokal dengan domba dari Afrika selatan dan domba merino dari Australia.

6 Keunggulan Domba Garut Untuk di Ternakan


Domba ini sebenarnya memiliki peluang usaha yang baik, karena ada beberapa keunggulan yang perlu kalian ketahui dari domba ini, agar lebih jelas silakan simak tentang keunggulan Domba Garut yang saya bahas dibawah ini.

Keunggulan Dari Domba Garut Yang Perlu Kalian Ketahui :

1. Produktivitasnya Tinggi

Dilihat dari tingkat produktivitas Domba Garut terbilang cukup tinggi karena untuk 1 induk domba betina bisa menghasilkan rata-rata 2 ekor anak atau lebih untuk setiap 8 bulannya, dengan begitu domba bisa cepat berkembang dan itu akan menguntungkan bagi para peternak.

2. Penghasil Daging

Keunggulan yang kedua yaitu kandungan karkas atau daging dan tulangnya yang bisa mencapai 50 % dengan bobot badan antara 40 - 80 kg. Kandungan karkas ini bisa dibilang lebih besar dari domba pada umumnya yang hanya mencapai 40 % saja.

3. Tingkat Pertumbuhannya Tinggi

Yang ketiga, pertumbuhan Domba Garut ini cepat, karena dalam waktu sebulan beratnya bisa bertambah antara 2.5 - 3 kg, sehingga bisa mencapai bobot 60 kg dalam waktu 1 tahun. Jika di bandingkan dengan domba biasa hanya bisa mencapai 30 kg untuk setiap tahunnya.

4. Tanduknya Yang Bisa Dibentuk Sesuai Keinginan

Nah ini yang paling khas. Domba ini merupakan jenis domba yang memiliki tanduk bisa tumbuh panjang, karena itu tanduknya bisa dibentuk sesuai keinginan pemilik.

5. Mudah Untuk Dipelihara

Keunggulan yang terkahir yaitu Domba ini bisa dibilang tidak sulit untuk proses perawatannya, Sudah banyak kelompok ternak Domba Garut menjalin kerjasama dengan petani kecil untuk sistem bagi hasil.

Itulah sedikit informasi tentang 6 Keunggulan Domba Garut Untuk di Ternakan, mudah-mudahan informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua. Apabila mempunyai keunggulan lain yang tidak tercantum di atas, silakan sampaikan pada kolom komentar. Terima Kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Keunggulan Domba Garut Untuk di Ternakan

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!